Home / BANGKA BELITUNG / “Tumbuhkan Spirit Kebangsaan Membangun Negeri Laskar Pelangi”

“Tumbuhkan Spirit Kebangsaan Membangun Negeri Laskar Pelangi”

PANGKALPINANG, LASPELA- Korem 045 Garuda Jaya (Gaya) menggelar Seminar Kebangsaan sebagai rangkaian memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-71bertempat di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, Selasa (4/10) kemarin.

Seminar bertema Mewariskan Nilai–Nilai Sejarah, Kebangsaan dan Kepemimpinan Guna Melanjutkan Pembangunan di Bangka Belitung  Dalam Rangka Mendukung Terwujudnya Ketahanan Nasional tersebut dihadiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung,  Rustam Effendi.

Kolonel Infanteri Tjaturputra Gunadi Genah, Danrem 045 /Garuda Jaya dalam sambutannya ketika membuka acara itu menyampaikan, tujuan seminar ini ialah untuk membangkitkan kesadaran sejarah dan membuka pemikiran dalam konteks historis yaitu introspeksi masa lampau, realisasi masa kini dan proyeksi masa depan.

Danrem berharap, seminar kebangsaan tersebut dapat memberikan tauladan aplikatif dalam pola kepemimpinan berlandaskan pewarisan nilai-nilai kejuangan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai  seorang  pemimpin dan calon pemimpin di masa mendatang.

“Diharapkan nantinya para generasi muda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia  mampu menjadi pribadi-pribadi tangguh, berkualitas dan mandiri terutama dalam memasuki era globalisasi,” tuturnya.

Oleh karena itu, Danrem beranggapan, sudah seharusnya nilai-nilai sejarah perjuangan para pahlawan diperkenalkan kepada setiap generasi muda sehingga mereka dapat mengenal dan mengetahui lebih luas tentang pejuang, tokoh, dan kepahlawanannya.

Wujud Cinta NKRI

Sementara Gubernur Babel Rustam Effendi dalam sambutannya di hadapan sekitar 500 Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Bangka Belitung, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya seminar kebangsaan itu. “Mudah-mudahan pertemuan ini dapat memberikan dan menumbuhkan pemahaman serta spirit kebangsaan kepada kita semua untuk membangun Negeri Laskar Pelangi tercinta, ” ujar Rustam.

Menurut Rustam, kegiatan seminar kebangsaan perlu dilakukan karena bukan tidak mungkin para mahasiswa yang adalah generasi muda lupa akan sejarah.

“Kepada adik- adik mahasiswa, mari tumbuhkan rasa kebangsaan dan solidaritas sebagai wujud kecintaan kita terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya Negeri Serumpun Sebalai yang sama-sama kita cintai ini,” ajak Gubernur Rustam.

Pembukaan seminar tersebut dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Soleh, Ketua STMIK Atma Luhur Pangkalpinang Laksamana Muda (purn) Prof.Dr.Mujiono, M. serta keluarga pahlawan 12. (hm/stf)

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: