Home / BANGKA BELITUNG / Beradu Strategi Merebut Simpati Rakyat
Tiga Balongub Babel, Hidayat Arsani (kiri), Rustam Effendi (tengah), dan Erzaldi Rosman Djohan (kanan). (design foto: Hardiman)

Beradu Strategi Merebut Simpati Rakyat

PANGKALPINANG, LASPELA- Suhu politik jelang Pemilukada Babel 2017 mendatang kian memanas. Teka-teki siapa bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan berkompetisi merebut tampuk kepemimpinan tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tersebut mulai tersingkap.

Tiga nama Balongub Babel hampir dipastikan akan berkompetisi merebut hati masyarakat Babel pada pesta demokrasi lima tahunan ini, yakni Rustam Effendi, Hidayat Arsani, dan Erzaldi Rosman Djohan.

Dari ketiga Balongub tersebut, baru Erzaldi Rosman Djohan yang telah resmi mendeklarasikan diri maju sebagai calon Gubernur Babel, Minggu (28/8/2016). Erzaldi Rosman mantap maju sebagai calon Gubernur Babel setelah mendapat dukungan tiga partai politik yakni Gerndra, NasDem, dan PKB.

Pada momentum deklarasi yang berlangsung di Pantai Pasir Padi dan dihadiri berbagai kalangan ini, Erzaldi menegaskan dirinya sebagai sosok yang siap mewakafkan diri untuk menampung dan menjalankan aspirasi para nelayan, petani, ibu rumah tangga, alim ulama, pemuda, dan seluruh masyarakat Bangka Belitung.

“Kita harus mengambil keputusan tegas untuk meninggalkan yang lama dan memulai yang baru, demi kemajuan Bangka Belitung yang lebih baik,” tandas ketua DPD Gerindra Babel ini.

Sementara itu, Gubernur Babel Rustam Effendi yang juga politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), baru-baru ini menggelar rapat konsolidasi di internal partainya, Senin (22/8/2016) lalu. Berdasarkan hasil rapat konsolidasi tersebut, Rustam mengakui, PDI Perjuangan Babel satu suara mengusulkan mantan Bupati Bangka, H Yusroni Yazid SE untuk mendampingi Rustam Effendi pada gelaran pilkada 2017 mendatang.

“Setelah diadakan konsolidasi internal partai, baik jajaran pengurus di struktural DPD, DPC, dan PAC PDI Perjuangan satu suara mengusulkan Yusroni Yazid sebagai pendamping saya pada Pilgub mendatang,” ujar Rustam.

Rustam lalu berharap, DPP PDI Perjuangan segera memutuskan dalam waktu dekat agar struktur partai dapat bergerak dan mensosialisasikannya kepada masyarakat.

“Keputusan finalnya memang ada di DPP PDIP. Kami mengajukan nama dari eksternal dan internal. Yang dari internal, Didit Srigusjaya, dan pak Walikota Muhamad Irwansyah. Dari eksternal Yusroni Yazid,” imbuh Didit Srigusjaya selaku ketua Bapilu PDI Perjuangan Babel.

Didit mengakui, Yusroni memang diinginkan mayoritas PAC dan DPC untuk mendampingi Rustam Effendi. Namun, kata Didit, Yusroni harus mendapat rekomendasi DPP PPP.

Menanggapi penunjukan Yosroni sebagai wakilnya, Rustam Effendi menegaskan, Yusroni merupakan sosok politikus sejati yang dibesarkan PPP. Pengalamannya sebagai Bupati Bangka diyakini mampu membawa Babel semakin maju. “Kalau memang beliau (Yusroni-red) sudah diinginkan kader PDIP Babel, maka saya siap berpasangan dengan Yusroni Yazid, dan komunikasi akan lebih diintensifkan dengan yang bersangkutan,”pungkas Rustam.

Selain Erzaldi yang telah mendeklarasikan diri sebagai Cagub Babel, Rustam Effendi yang mengaku siap dipasangkan dengan Yusroni Yasid, Wakil Gubernur Babel saat ini Hidayat Arsani pun mulai memantapkan diri menjadi Cagub.

Hidayat Arsani dikabarkan akan maju di Pilkada Babel sebagai calon Gubernur. Dia akan berpasangan dengan H Sukirman. Informasi ini tampak secara kasat mata dari sejumlah baliho yang mulai mewarnai pelosok Babel belakangan ini.

“Hidayat – Sukirman Menuju Babel Baru” begitulah tagline yang tertera pada foto di baliho-baliho tersebut.

Kedua politisi ini memang santer dikabarkan akan berduet pada beberapa waktu lalu. Hidayat mengaku takjub dengan cara pandang H Sukirman. Selama 5 tahun menjadi wakil bupati Bangka Barat, Sukirman dapat menjaga hubungan dengan bupati Zuhri Syazali, tanpa ada konflik apapun. (*/Stef)

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: