Home / BANGKA BELITUNG / Guru di Bangka Tengah Jabat Kepala Sekolah di Belanda

Guru di Bangka Tengah Jabat Kepala Sekolah di Belanda

KOBA, LASPELA—Udik Ripul, yang berprofesi sebagai kepala SMA N 1 Pangkalan Baru di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini mendapat kesempatan menjadi kepala sekolah di Indonesia Netherlands (SIN) di kota Den Haag, Belanda.

“Udik Ripul terpilih menjadi kepala sekolah di Belanda lewat program pertukaran kepala sekolah internasional yang digagas pihak Kemendikbud RI,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Sugianto, Rabu, (10/8/2016) kemarin.

Menurutnya, Udik Ripul terpilih dari empat kepala sekolah asal Indonesia untuk menjadi kepala sekolah di luar negeri. “Empat kepala sekolah asal Indonesia itu dikirim keempat negara, yaitu Belanda, Birma, Thailand, dan Filipina. Kebetulan Udik Ripul dikirim ke Belanda,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Udik Ripul akan berada di Belanda selama tiga tahun. “Yang bersangkutan akan menjadi kepala sekolah di lembaga pendidikan terpadu atau jenjang SD, SMP, dan SMA digabung menjadi satu,” ujarnya.

Diketahui, selama menjabat kepala SMA 1 Kecamatan Pangkalan Baru, Udik Ripul memiliki prestasi yang bagus. “Bahkan pada 2012 pernah terpilih sebagai kepala sekolah berprestasi tingkat provinsi, jadi kami memang merasa yakin Udik lulus,” tutur dia.

Kenalkan Budaya Melayu

Atas prestasinya tersebut, Udik Ripul tak lupa menyampaikan terimakasih kepada para pihak yang telah mendukungnya. “Alhamdulillah dari ribuan peserta, saya terpilih melalui proses seleksi dari seluruh Indonesia. Terimakasih kepada pak Erzaldi dan dinas pendidikan Bangka Tengah yang selama ini telah memberikan dukungan,” ucap Udik Ripul.

Selama berada di Belanda, dia akan lebih banyak mempelajari sistem pendidikan di negara tersebut. “Selain itu, saya akan mencoba memperkenalkan budaya Melayu Bangka Tengah di Belanda,” pungkasnya.

Sumber: Tempo 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: