Home / BANGKA BELITUNG / Basuri Batal Maju Lewat Jalur Independen di Pilgub Babel 2017
Basuri Tjahja Purnama (kanan) didampingi Erdian selaku Ketua Sahabat Basuri Babel. (foto/Randi)

Basuri Batal Maju Lewat Jalur Independen di Pilgub Babel 2017

PANGKALPINANG, LASPELA- Basuri Tjahja Purnama yang juga adik kandung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, akhirnya terkonfirmasi gagal berkompetisi di ajang pemilhan kepala daerah Bangka Belitung 2017 mendatang lewat jalur independen. Hal tersebut dikemukakan Basuri dan Erdian, selaku Ketua  Sahabat Basuri Babel saat jumpa pers, Minggu (7/8/2016).

Keduanya beralasan, penginputan data dukungan KTP yang dikerjakan tim relawan Basuri-Sabil, sudah tidak memungkinkan lagi untuk mengejar ketertinggalan data yang belum diinput dalam database pencalonan tersebut. Saat ini, data yang telah masuk ke database baru mencapai 53.700 dari 112.000 KTP yang telah terkumpul.

“Kami tidak mendaftar ke KPU Babel pada hari ini (Minggu-red) bukan karena tidak memiliki dukungan, akan tetapi dikarenakan tidak terkejar lagi dalam penginputan database dukungan yang akan diserahkan ke KPU nanti, mengingat waktunya sudah terakhir daftar,” kata Erdian.

Menurut dia, selama ini pihaknya terlalu fokus mencari dan mengumpulkan dukungan KTP untuk Basuri-Sabil, sampai lupa memenuhi syarat administrasi yang telah ditetapkan KPU. Ini murni kesalahan tim relawan, bukan kesalahan calon gubernur independennya (Basuri-Sabil).

Basuri: Minta Maaf Masyarakat Babel

Sementara itu, Basuri Tjahja Purnama menyampaikan kekecewaan dan permohonan maafnya kepada masyarakat Provinsi Kepulauan Babel yang sudah memberikan KTP sebagai bentuk dukungannya tanpa imbalan apapun.

“Saya meminta maaf kepada masyarakat Babel yang telah memberikan dukungan terhadap pasangan Basuri-Sabil. Kami sangat menghargai partisipasi tinggi ini. Kami berkeinginan maju untuk kesejahteraan masyarakat Babel ke depan,”‎ jelasnya.

Ketua KPU Babel Fahrurrozi membenarkan, bahwa masa pendaftaran Cagub dan cawagub Babel melalui jalur independen ditutup, Minggu (7/8/2016). “Hari ini terakhir masa pendaftaran untuk calon independen dan kami tunggu sampai jam 16.00 Wib,” katanya didampingi Davitri, Komisioner KPU Bidang Logistik, Keuangan dan SDM.

Fahrurrozi mengaku, sudah menghimbau peserta pada Pilgub 2017 melalui jalur independen untuk mendaftar lebih awal. “Saya sudah menghimbau kepada calon, kalau mau mendaftar jangan injury time. Kalau lebih awal kan banyak waktu untuk memperbaiki berkas administrasinya yang masih kurang,” tuturnya. (ar)

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: