Home / BANGKA BELITUNG / Sabem Korea Melatih Tae Kwon Do di Pangkalpinang
Sabem Tae Kwon Do dari Korea Selatan, Yoo Jaesung (atas) ketika melatih murid Famili Tae Kwon Do Pangkalpinang Club di bekas ruang OR Pemkot Pangkalpinang

Sabem Korea Melatih Tae Kwon Do di Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA  – Guna meningkatkan kualitas kemampuan, Family Tae Kwon Do Pangkalpinang Club (FTPC) mendatangkan pelatih (Sabem) Tae Kwon Do langsung  dari Negara Korea Selatan (Korsel) untuk melatih murid-murid Tae Kwon Do yang tergabung di FTPC di Pangkalpinang.

Sabem Korsel bernama Yoo Jaesung tersebut sengaja dihadirkan oleh Pengurus Tae Kwon Do Indonesia Kota Pangkalpinang untuk melatih para generasi Tae Kwon Do di Babel agar dapat menjadi juara dalam sejumlah kompetensi.

Pendiri Family Tae Kwon Do Pangkalpinang Club, Dimas mengatakan hadirnya Sabem dari Korea tersebut merupakan hasil dari kerjasama pihaknya dengan negara Korsel.

Bahkan kata Dimas, Pangkalpinang menjadi satu-satu kota se-Indonesia yang dikirimkan  Pelatih dari Korsel untuk melatih Tae Kwon Do.

“Kita menghadirkan Sabem dari  Korsel yang bernama Yoo Jaesung. Dia dikirim langsung dari Negaranya untuk mengajar dan melatih Tae kwon do di tempat kita,” kata Dimas, yang juga Sekretaris
Pengurus Tae Kwon Do Indonesia Kota Pangkalpinang ini.

Menurutnya, Sabem tersebut bahkan biaya hidupnya ditanggung oleh negaranya sendiri selama 2  tahun berada di Pangkalpinang.

Untuk itu, Dimas mengimbau kepada masyarakat untuk mendaftar menjadi murid Tae Kwon Do. Katanya belajar dan berlatih taekwondo gratis.

“Silahkan datang dan berlatih di gedung OR Pemkot Panglalpinang yang lama, depan Gedung Walikota. Gratis. Saat ini juga kami sedang melatih 200 lebih orang,”sebutnya.

Lanjut Dimas, sejak dibentuknya  FTPC, sejak 5 tahum lalu dengan berbadan hukum, pihaknya telah menorehkan sejumlah prestasi gemilang. Selama dua 3 tahun berturut-turut mendapatkan juara umum se-Babel, mendapatkan medali perak pada Jakarta Open Nasional, Juara di Jakarta Festival Tae Kwon Do 2013, lolos PON dan dalam waktu dekat akan mengirimkan petarung di Kejurnas PPLP di Palu.

“Makanya siapa yang ingin bergabung dan berlatih kami persilahkan, baik SD, SMP, SMA maupun Umum. Dengan support Pemkot dan kerjasama dengan Korsel ini kita akan kembangkan Tae Kwon Do ini, walau kita masih butuh sumberdana dan peralatan yang lebih dari ini,” tukasnya.

Salah satu murid Tae Kwon Do FTPC, Afkar Ghozi Qoiron (11) terlihat sangat antusias berlatih, bahkan tak kenal lelah ketika pelatih Tae Kwon Do mengajarinya beberapa trik tendangan maut.

“Senang sekali saya belajar Taekwondo,” kata Afkar di sela latihan.

Sementara Sabem Yoo Jaesung mengaku sangat senang dapat melatih murid-muridnya meskipun jauh dari negaranya.

Menurutnya, keceriaan dan semangat anak-anak yang membuatnya betah setelah setahun lalu melatih di Pangkalpinang.

“Enjoy, they are practice so happy and I like stay here. I try make them to be champion and off course make them healthy and make me help the people,” ujar Yoo Jaesung dalam bahasa inggrisnya.

Tak hanya itu, selama di Pangkalpinang, Yoo Jaesung juga menagku senang dengan masakan khas Bangka yaitu ikan lempah kuning, pria bertubuh langsing ini menetap di kelurahan Batu Intan selama berada di Pangkalpinang. Selain melatih Tae Kwon Do di Pangkalpinang, Yoo Jaesung juga sebelumnya pernah menjadi Sabem Tae Kwon Do di sejumlah negara lain seperti Amerika, Uzbekistan dan di Makasar (naf)

About Yudhie Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: