Home / BANGKA BELITUNG / Cicit Pahlawan Depati Amir Donorkan Darah untuk Masyarakat Babel

Cicit Pahlawan Depati Amir Donorkan Darah untuk Masyarakat Babel

  • PKK Babel Selenggarakan Aksi Donor Darah
  • Hanya 9 Orang Pendonor

PANGKALPINANG, LASPELA – Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Bangka Belitung (PKK Babel) menggelar aksi donor darah dengan melibatkan sejumlah peserta pendonor dari kalangan anggota Tim Penggerak PKK Provinsi maupun para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekretariat Daerah bertempat di gedung PKK Air Itam, Pangkalpinang, Jumat (5/8/2016).

Istimewanya, salah satu pendonor yang hadir saat itu ialah cicit (anak dari cucu-red) dari Pahlawan Bangka Depati Amir yang kebetulan datang berkunjung dari NTT ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Leny Rustam Effendi bersama Wakil Ketua PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yanti Anita Syahrudin didampingi sejumlah pengurus PKK lainnya.

Kegiatan kemanusiaan dengan tema “Melalui Kesatuan Gerak PKK ke-44 Kita Tingkatkan Solidaritas Antar Sesama Dengan Donor Darah” ini merupakan wujud aksi nyata kepedulian sosial PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dari sekian banyak peserta yang mendaftar sebagai pendonor, hanya 9 orang saja yang memenuhi syarat untuk diambil darahnya. Hal ini karena terkendala kondisi Hemoglobin (Hb) sel darah merah pendonor yang tidak memenuhi syarat sebagaimana ditetapkan petugas tim medis dari Palang Merah Indonesia (PMI).

donor 2Berdasarkan klasifikasi darah yang didonorkan, untuk jenis Golongan Darah O sebanyak 3 kantong, Golongan Darah B sebanyak 3 kantong dan untuk Golongan Darah AB sebanyak 3 kantong dengan rata-rata berat satu kantong darah 350 gr.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Babel Hj. Leny Rustam Effendi menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada peserta donor darah yang secara suka rela menyumbangkan darahnya bagi sesama yang membutuhkan. Dia berharap semoga kegiatan tersebut ke depan dapat diagendakan dengan peserta yang lebih banyak lagi.

“Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada peserta donor darah yang telah ikut berpatisipasi dengan sukarela menyumbangkan darahnya bagi sesama pada hari ini. Semoga kegiatan ini dapat terus diagendakan dan harapan kedepan semakin banyak lagi pesertanya,” ujarnya. (ar/rill)

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: