Home / BANGKA BELITUNG / SMKN 1 Pangkalpinang Wakil Babel Pada Lomba Sekolah Sehat Nasional
Sekolah SMKN 1 Pangkalpinang, Babel. (foto/ist)

SMKN 1 Pangkalpinang Wakil Babel Pada Lomba Sekolah Sehat Nasional

PANGKALPINANG, LASPELA – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pangkalpinang pada tahun 2017 mendatang akan mengikuti lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional mewakili sekolah-sekolah dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penilaian pada perlombaan tersebut akan dilakukan oleh empat kementerian, yakni Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan.

“Alhamdulillah sekolah kami menang dalam pemilihan sekolah sehat tingkat provinsi dan bersiap menuju tingkat nasional. Penilaian ini dilakukan include dengan penghargaan Adiwinata yang kami terima di Istana Presiden tahun 2015 lalu,” ujar Kurnia, Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalpinang.

Kurnia mengakui, pentingnya kebersihan suatu lingkungan sekolah akan berdampak pada hal positif dalam kehidupan sehari-hari. Esensi dari itu semua anak-anak didik akan berprestasi. “Lingkungan yang bersih bisa membuat kita sehat dan berpikir jernih. Sehingga, otomatis prestasi bisa kita ukir dengan baik,” terangnya.
Selain prestasi sekolah sehat dan penghargaan adiwinata, diakui Kurnia, pihaknya juga pada tanggal 21 Desember 2015 mendapatkan penghargaan dari Presiden RI Ir. Joko Widodo yakni Sekolah Integritas. “Mendapatkan penghargaan ini sangat sulit syaratnya, yakni nilai UN selama 6 tahun berturut-turut harus kategori baik dan nilai integritas sekolah juga harus 92. Kami bersyukur semua itu bisa tercapai, bahkan nilai integritas hampir sempurna 98, 4,” ungkap Kurnia bangga.

Biasakan Pola Hidup Sehat!

AzizahTerkait kesiapan menghadapi perlombaan sekolah sehat tingkat nasional, dirinya menuturkan, selalu menghimbau anak-anak didik untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan menghidupkan pola hidup sehat dalam kepribadian masing-masing.
“Untuk menghadapi perlombaan tingkat nasional, kami selalu tanamkan lingkungan sehat dan perilaku hidup sehat kepada murid-murid disini. Kami juga memenuhi indikator penilaian dari 4 kementerian tersebut dengan baik dan matang,” pungkasnya.

Sementara itu, Arziah, S.Pd selaku Ketua Panitia Pelaksana Sekolah Sehat mengatakan, siswa yang dalam sehari-hari menerapkan pola hidup bersih dan sehat akan menjadikan generasi-generasi yang berkualitas. “Siswa yang mengerti akan hidup bersih maupun sehat, akan menjadikan mereka generasi penerus bangsa yang berkualitas,” tuturnya.

Untuk melahirkan generasi berkualitas, pihaknya selalu mengajarkan pentingnya kejujuran, selalu berprestasi dan berperilaku baik. “Disini kami menekankan pada siswa untuk hidup sehat, sehat, dan sehat guna menciptakan prestasi untuk dirinya sendiri, orangtua, sekolah dan bangsa,”tutup Arziah. (ar)

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: