Home / GETAR / Negeri Dongeng

Negeri Dongeng

Seorang CEO hendak mewariskan perusahaan besar kepada karyawan terbaiknya.

Untuk itu ia memanggil seluruh karyawannya, memberikan masing-masing sebutir BENIH di tangannya dan berkata, “Sirami dengan teratur, rawat, dan kembalilah setahun dari sekarang dengan membawa tanaman yang tumbuh dari benih ini. Yang TERBAIK, pemiliknya akan menjadi penggantiku sebagai CEO perusahaan ini.”

Seorang karyawan, Rahmat, pulang ke rumah. Setiap hari disiraminya dengan air dan pupuk. Setelah 6 bulan, di kantor, eksekutif lainnya saling membicarakan tanaman mereka, sedangkan Rahmat melihat TIDAK ADA PERUBAHAN yang terjadi pada benih miliknya.

IA MERASA GAGAL. 

Setelah setahun, seluruh eksekutif menghadap CEO, memperlihatkan hasil benih tersebut. Rahmat berkata pada istrinya bahwa ia tidak akan membawa pot yang kosong, namun istrinya mendorongnya untuk menyatakan yang sebenarnya. Rahmat menyadari bahwa istrinya menyarankan HAL YANG BENAR.

Memasuki ruangan meeting, Rahmat membawa sebuah pot kosong. Seluruh mata memandangnya kasihan. Ketika Sang CEO memasuki ruangan, ia memandang keindahan seluruh tanaman itu, hingga akhirnya berhenti didepan Rahmat yang tertunduk malu. Sang CEO memintanya ke depan dan menceritakan tragedi yang menimpanya.

Ketika ia selesai bercerita, Sang CEO berkata, “Berikan tepuk tangan yang meriah untuk Rahmat,CEO yang baru”.

Ia berkata, “Aku memberikan kepada kalian sebutir benih yang sebelumnya TELAH KUREBUS DI AIR PANAS hingga mati dan tidak mungkin untuk tumbuh. Melihat bahwa benih itu tidak tumbuh, kalian menukarnya dan berbohong kepadaku. Lain halnya dengan Rahmat, dia mau berkata yg sebenarnya terjadi.”

Tabur KEJUJURAN, menuai KEPERCAYAAN
Tabur
 KETEKUNAN, menuai KEMENANGAN
Tabur
 KERJA KERAS, menuai KESUKSESAN
Jangan
 TAKUT menjalani Jika itu BENAR

BANGSA Indonesia memang belum hidup makmur. Semua mencari problem dan mencoba memecahkannya. Apakah sumber utama penghalang kemakmuran bangsa ini?.

Kenapa Denmark menjadi salah satu negara paling makmur di dunia? Padahal negaranya tidak memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah, padahal kondisi musim di negara itu sangat ekstrim karena dekat dengan kutub utara. Padahal di negeri ini matahari dan siang hari hanya sebentar saja, terutama di musim dingin.

Denmark adalah negara paling nyaman untuk tempat tinggal manusia di dunia, negara dengan pendapatan penduduk paling tinggi di dunia, juga menjadi negara paling makmur di dunia paling bersih di dunia hingga mendapat gelar “Negeri Dongeng”.

Meskipun kemudian tingkat kenyamanannya tergeser oleh New Zealand. New Zealand menempati urutan pertama negara paling nyaman untuk tempat tinggal manusia di dunia.

Penyebab Denmark dan New Zealand menjadi negara termakmur adalah bukan karena pendidikan mereka yang sangat baik. Penyebab Denmaark menjadi negara termakmur, ternyaman dan teraman adalah karena masyarakatnya jujur.

Kita belajar, orang Denmark percaya bahwa semua kebaikan yang ada di negaranya berawal dari kejujuran. Pada saat seorang jujur maka semua fasilitas umum untuk rakyat akan terbangun dengan baik oleh pemerintah, sebagaimana mestinya sesuai standar mutu yang telah ditetapkan di segala bidang mulai dari kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dll.

Masyarakat Denmark percaya bahwa kejujuran bisa melahirkan segalanya. Mereka percaya bahwa setiap manusia itu pintar, dengan kejujuran maka setiap kepintaran manusia akan menjadi manfaat bagi sesama dan seluruh negeri.

Mereka yakin jika setiap aparat pemerintah jujur, mulai dari pejabat, menteri, polisi dan seterusnya dan rakyatnya jujur maka sebuah negara bisa menjadi makmur tanpa perlu menjadi yang paling pintar di bidang pendidikan.

Ternyata memang benar, Denmark masuk dalam salah satu negara dengan tingkat korupsi nyaris nol, seperti juga di Finlandia dan New Zealand. Karena kejujuran itulah akhirnya pendidikan di negara ini pun menjadi lebih baik dan sangat maju. Jadi tidak salah jika kita katakan bahwa ketidak jujuran (mental korup), akan melahirkan bencana berantai dalam sebuah negara.

Presiden Jokowi baru saja merombak dan menambah menteri-menterinya agar bangsa ini menuju kemakmuran. Ressuflle Kabinet kali ini merupakan ressuflle terbaik sesudah Jokowi mengalami dinamika politik parlemen yang cukup dahsyat. Kita berharap Kabinet ini menjadi kabinet jujur.

Hampir bersamaan dengan ressuflle, negara melakukan hukuman mati kepada bandar narkoba. Fredy Budiman, salah satu yang dihukum mati sebelumnya membuat pernyataan bahwa banyak oknum TNI, Polri dan oknum petinggi BNN yang tidak jujur dalam menjalankan tugas. Kini, Kapolri yang baru sedang melakukan pengujian: siapa yang jujur dan siapa yang tidak. Sayang kalau ternyata “pengendali” dan bandar narkoba bayangan adalah justru para petinggi kita.

Benjamin Franklin berkata, “Kejujuran adalah kebijakan paling baik.”  Dan, “Hati yang jujur menghasilkan perilaku yang jujur pula,”  kata Brigham Young. Semoga!

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: