Home / BANGKA BELITUNG / Rustam Effendi Pantau Hari Pertama Sekolah Pastikan Edaran Kemendikbud Efektif
Gubernur Babel Rustam Effendi ketika berada di tengah-tengah para siswa dan guru saat melakukan kunjungan di hari pertama sekolah.

Rustam Effendi Pantau Hari Pertama Sekolah Pastikan Edaran Kemendikbud Efektif

PANGKALPINANG, LASPELA – Momentum hari pertama masuk sekolah selalu menjadi kenangan membahagiakan tak hanya bagi siswa namun juga para orang tua. Untuk beberapa anak ini berarti sekolah baru, kelas baru, guru dan teman-teman baru, maupun topik baru untuk dipelajari anak.

Untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang lebih positif dan menyenangkan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu diadakan kampanye Hari Pertama Sekolah, yang mengajak orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama sebagaimana tertuang dalam surat edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah.

Kampanye yang bertujuan meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah ini, tak hanya ditujukan kepada orangtua namun juga para Kepala Daerah untuk turut mendukung penyebaran pesan ini. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa pesan Kemendikbud efektif, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H. Rustam Effendi melakukan pemantauan ke SMPN 1 dan SMKN 2 Pangkalpinang, Senin (18/7/2016) kemarin.

rustam 2“Kita memantau sesuai yang disarankan oleh surat edaran menteri, apa yang diinginkan pemerintah melalui kementerian pendidikan memang dilaksanakan di Bangka Belitung, bahwasannya kita mengedepankan hubungan komunikasi dan emosional antara orang tua murid dengan guru sehingga mudah melakukan pengawasan terhadap anak, “ ungkap Gubernur Rustam ketika diwawancarai awak media.

Dalam kunjungannya ke SMPN 1 Pangkalpinang, Gubernur Rustam berpesan agar para orangtua tidak menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada para guru di sekolah. “Kepada orang tua yang hadir hari ini, mudah–mudahan komunikasi yang terjalin tidak sebatas hari ini saja, tetapi senantiasa terjalin setiap saat. Sesibuk apapun kita jangan sepenuhnya anak dititipkan kepada pengasuh karena hubungan emosional anak dan orang tua menjadi penting sehingga anak tidak mencari kasih sayang di luar rumah, yang berakibat fatal bagi tumbuh kembang anak itu sendiri,” pesan Rustam.

Sementara itu, di SMKN 2 Pangkalpinang Gubernur Rustam melakukan tatap muka dengan ratusan orang tua yang hadir di gedung pertemuan sekolah tersebut. Dia berharap agar kolaborasi yang baik antara siswa, orang tua, dan guru dalam proses pendidikan di Bangka Belitung terjalin baik guna melahirkan generasi cerdas.

Sumarli, ketua panitia kegiatan pengenalan lingkungan sekolah SMKN 2 Pangkalpinang mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan di sekolah tersebut bagi para siswa baru yakni pengenalan lingkungan sekolah yang bertujuan agar siswa-siswi enjoy
untuk berada di sekolah. Para siswa juga dikenalkan dengan guru, lingkungan sekolah, program–program sekolah dan juga menanamkan kedisiplinan.

Turut mendampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam memantau hari pertama masuk sekolah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. M. Soleh, MM beserta jajarannya. (rx/ar)

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: