Home / HEADLINE / CNNINDONESIA.COM / Fakta-Fakta Menarik Jelang Perancis vs Islandia
Tuan rumah Prancis menyandang rekor mentereng jelang laga kontra Islandia pada perempat final Piala Eropa 2016 di Stade de France, Senin (4/7/2016) pukul 02.00 WIB/ilustrasi/reuters

Fakta-Fakta Menarik Jelang Perancis vs Islandia

PARIS, LASPELA– Tim tuan rumah Perancis menyandang rekor mentereng jelang laga kontra Islandia, di Stade de France, Senin (4/7/2016) pukul 02.00 WIB. Pertemuan tersebut menjadi pertandingan perempat final terakhir Piala Eropa 2016. Dalam 11 pertemuan sebelumnya dengan Islandia, Les Bleus tak pernah kalah dengan delapan kemenangan dan tiga kali seri. Dari 11 laga itu, Prancis mencetak 30 gol dan hanya kebobolan 8 gol.

Pertemuan terbaru mereka adalah pada laga persahabatan di Valenciennes, 27 Mei 2012. Islandia sempat memimpin 2-0 melalui Birkir Bjarnason pada menit ke-27 dan Kolbeinn Sigthorsson (34). Namun, Pasukan Laurent Blanc (saat itu) berhasil comeback dan mencetak tiga gol di babak kedua lewat Mathieu Debuchy (52), Franck Ribery (84), dan Adil Rami (87).

Selain fakta tersebut diatas, di bawah ini ada sejumlah fakta menarik lainnya jelang pertemuan Perancis melawan Islandia seperti dikutip dari Eurosport:

Pertandingan Perancis melawan Islandia amat berpeluang memberikan banyak gol. Pasalnya, dalam dua pertemuan terakhir ada sepuluh gol tercipta, dengan Perancis selalu menang 3-2.

Perancis juga tidak pernah kalah dalam 16 pertandingan terakhir di turnamen besar jika menjadi tuan rumah, meraih 14 kemenangan dan dua kali imbang. Kekalahan terakhir terjadi di tangan Cekoslovakia, ketika Perancis menjadi tuan rumah Piala Eropa perdana pada Juli 1960 silam.

Selain itu Perancis belum kebobolan lewat permainan terbuka di Piala Eropa 2016. Dua gol yang sudah bersarang ke gawang Hugo Lloris ketika melawan Rumania dan Republik Irlandia tercipta lewat tendangan penalti. Perancis juga menjadi tim yang paling sedikit membiarkan lawan melakukan shot on target: tiga dari empat pertandingan.

Perancis memiliki 44 usaha tembakan lebih banyak daripada Islandia, namun kedua tim memiliki jumlah gol yang sama (enam gol). Dari enam gol yang sudah dicetak Perancis, 50 persen di antaranya tercipta lewat sundulan.

Islandia, bersama timnas Wales, merupakan dua tim yang selalu berhasil mencetak gol sepanjang Piala Eropa 2016. Enam gol Islandia dicetak enam pemain berbeda: Birkir Bjarnason, Gylfi Sigurdsson, Jon Bodvarsson, Arnor Traustason, Ragnar Sigurdsson, Kolbeinn Sigthorsson.

Islandia hanya kalah satu kali dari sepuluh pertandingan kompetitif terakhir (lima menang, empat imbang). Namun, Perancis tidak pernah kalah di turnamen besar jika tampil di Stade de France: empat menang, satu imbang.

Sumber: CNN 

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: