Home / HEADLINE / Menpora Desak PSSI Segera Bentuk Timnas U-19
Selebrasi Para pemain timnas U-19 saat hadapi Persebaya U-21 beberapa saat lalu. (foto/Istimewa)

Menpora Desak PSSI Segera Bentuk Timnas U-19

JAKARTA, LASPELA– Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendesak PSSI untuk segera mempersiapkan tim nasional (timnas) U-19 Indonesia, menyusul perhelatan Piala AFF 2016 yang tak lama lagi.

“Timnas U-19, harus segera dibentuk. Tidak ada alasan waktunya sedikit, kalau tidak nanti akan dipakai dari liga pelajar saja,” kata Imam Nahrawi usai melantik PP SOIna di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis 30 Juni kemarin.

Ia mengatakan apabila tidak segera terbentuk dengan alasan waktu yang sempit, kemudian membutuhkan anggaran yang besar untuk membentuk materi tim, maka Indonesia akan mendelegasikan Pusat Pendidikan Latihan Mahasiswa (PPLM) yang saat ini bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.

PPLM diakui Imam sudah sering melakukan uji coba melawan tim PON dari daerah-daerah serta selalu maraih hasil positif. Sehingga apabila dibutuhkan untuk delegasi timnas maka sudah siap untuk menjadi timnas U-19.

Hingga saat ini materi timnas U-19 belum terbentuk, agenda terdekat adalah Piala AFF untuk U-19. Sementara itu, sebelumnya, untuk timnas senior, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya menunjuk kembali Alfred Riedl sebagai pelatih Timnas Indonesia senior yang akan menghadapi Piala AFF 2016 akhir tahun ini meskipun pelatih asal Austria itu tidak masuk hitungan.

“Suasana saat ini memang tidak ideal. Kami harus memutuskan dengan cepat. Sebelumnya kami telah berdiskusi dengan Ketua Umum dan pihak internal lainnya, sehingga memberikan keputusan ini,” kata Wakil Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan.

Menurut dia, atas keputusan ini PSSI juga tidak menampik jika akan ada pro-kontra baik di kalangan media maupun pada masyarakat umum. Namun, pihaknya menaruh harapan besar pada mantan pelatih PSM Makassar ini untuk memberikan yang terbaik.

Riedl mengaku siap untuk kembali melatih Timnas Garuda. Apalagi, sebelumnya saat menjadi pelatih timnas Indonesia meraih hasil yang cukup bagus, yaitu finalis Piala AFF 2010 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Sumber: Metrotv 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: