Home / TIPS / Beberapa Tips Untuk Mengurangi Resiko Bisnis

Beberapa Tips Untuk Mengurangi Resiko Bisnis

LASPELA, TIPS — Kamu yakin dengan ide bisnis yang akan kamu mulai? Itu bagus, karena keyakinan akan ide bisnis akan bisa membuatmu mantap saat melangkah. Nah kalau sudah mantap, mungkin kamu akan merogoh seluruh tabunganmu untuk menjadi modal bisnis. Wah, berhati-hatilah saat melakukan hal ini.

Kamu harus selalu ingat, bahwa meskipun bisnis sudah direncanakan dengan baik, dimulai dan direncanakan, tetap nggak selamanya akan mulus. Resiko gagal, atau rugi, tentu saja masih ada. Untuk itu, jangan buru-buru mengeluarkan semua tabunganmu untuk bisnis. Cobalah melakukan tips ini.

1. Cari partner untuk modal bisnis

Kalau memang bisnismu butuh Rp 20 juta misalnya, dan kamu punya tabungan Rp 20 juta, jangan habiskan semuanya hanya untuk 1 bisnis itu. Usahakan kamu cari partner bisnis yang kira-kira bisa mendanai 50% dari kebutuhan modal. Ya memang nggak segampang itu sih mencari pemodal yang bisa mendanai sampai 50%. Kalau kamu nggak bisa mencari partner seperti itu, kamu juga bisa mencari 5 partner yang bisa bantu masing-masing Rp 2 juta.

2. Cari bisnis yang sesuai budget

Kalau kamu punya tabungan Rp 20 juta, maka cobalah cari bisnis yang nggak menghabiskan uang tabungan kamu. Daripada kalau gagal uang tabunganmu habis nggak bersisa, mending kamu putar otak lagi dan cari ide bisnis yang misalnya cuma perlu Rp 5 juta, atau Rp 10 juta. Jadi kalau gagal, kamu nggak akan kayak kehilangan harapan hidup gitu. Kamu masih bakal punya tabungan yang bisa diolah lagi plus pengalaman atas kegagalanmu kemarin.

Nah, itulah 2 cara mengurangi resiko bisnis. Kegagalan mungkin bisa terjadi dalam bisnis, tapi nggak harus bikin kamu bangkrut, kan? Selamat mencoba!

 

Sumber : MERDEKA

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: