Home / BANGKA BELITUNG / Wisata Khas Bangka Belitung yang Jarang Diketahui

Wisata Khas Bangka Belitung yang Jarang Diketahui

LASPELA — Selain keindahan pantai, wilayah yang terletak di bagian barat Indonesia ini juga menyimpan potensi wisata menarik lainnya yang jarang diketahui orang. Bangka Belitung menjadi salah satu daerah yang paling difavoritkan pecinta jalan-jalan untuk menghabiskan liburan. Keindahan pantai-pantainya memukau para traveller yang menyukai hamparan pasir yang bersih dan kehidupan biota bawah laut.

Bahkan pada Maret lalu, Bangka Belitung (Babel) menjadi incaran wisatawan dunia untuk menyaksikan peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT). Nah, bagi Anda yang berkesempatan mengunjungi Babel saat GMT, untuk menikmati keindahan tiap sudut Pulau Laskar Pelangi tersebut. Selain keindahan pantai, wilayah yang terletak di bagian barat Indonesia ini juga menyimpan potensi wisata menarik lainnya seperti berikut ini:

1. Pemerintah tengah serius menjadikan Babel sebagai satu dari 10 destinasi andalan nasional. Salah satunya dengan menggarap bekas galian-galian timah menjadi taman wisata tambang timah. Bahkan menurut beberapa sumber disebutkan ada wisata unik bernama Ngelimbang Timah. Para wisatawan diajak mencari timah secara tradisional dan merasakan langsung kehidupan masyarakat lokal.

2. Muntok white pepper merupakan lada asli yang banyak ditemukan di Babel. Para wisatawan yang penasaran dapat mengunjungi beberapa perkebunan lada yang memang dibuka untuk umum. Di tempat itu nantinya mereka dapat mencoba memetik lada, serta memperoleh informasi dari mulai penanaman, perawatan hingga siap panen.

3. Kuliner tradisional khas Babel juga turut mencuri perhatian. Bahkan terasi asal Bangka sudah sangat terkenal kelezatannya. Selain itu ada pula otak-otak ikan, bacan Belitong, getas, jus rumput laut ‘Negeri Pelangi’, kecalo, teri crispy dan kerupuk kempelang. Namun yang benar-benar spesial yaitu Lempah Kuning. Lempah ini merupakan makanan yang khas dan menjadi makanan utama dalam keluarga dan masyarakat, juga menjadi makanan dalam upacara adat dan keagamaan.

4. Cinderamata khas Babel juga menarik untuk dibawa pulang dan diberikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan teman. Sebagai daerah pantai, masyarakat setempat banyak yang mengkreasikan biota laut seperti siput, kerang, siput gonggong, lokan, simping, kimak, akar bahar dan lain-lain menjadi souvernir unik dan menarik. Selain itu Babel juga sangat terkenal dengan keindahan batu satam. Batu satam adalah jenis batu berwarna hitam yang seperti batu-batu permata pada umumnya, Batu Satam digunakan sebagai bahan perhiasan. Keunikan batu ini adalah permukaannya yang bermotif seperti ukiran unik dan tidak beraturan. Ukiran alam pada batu ini adalah keindahannya utamanya.

5. Kepiawaian novelis Andrea Hirata dalam menggambarkan kisah masa kecil di kampung halaman, memberi andil yang cukup besar bagi perkembangan sektor pariwisata Babel. Terbukti dengan meningkatnya kepopuleran pantai-pantai yang ada di sana. Adapula sebuah sekolah reyot nyaris roboh dalam kisah Laskar Pelangi yang dibuat seperti kenyataan. Rumah ini kini menjadi sangat tenar sebagai tujuan wisata.

Bangunan yang merupakan Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah di Kota Gantong ini menjadikan Belitong ramai dikunjungi oleh wisatwan domestik. Kebanyakan dari merka hanya ingin melihat lokasi syuting Laskar Pelangi dan berfoto-foto di depan replika wisata lainnya.

Sumber : Dream  

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: