Home / BANGKA BELITUNG / Sambil Tersenyum, Pimpinan Daerah Beltim Jual Sembako Murah
Bupati, Ketua DPRD saat melayani masyarakt dalam pasar murah (ist/ron)

Sambil Tersenyum, Pimpinan Daerah Beltim Jual Sembako Murah

Masyrakat Manggar dan Sekitarnya antre saat akan membli paket (ist/ron)

Masyrakat Manggar dan Sekitarnya antre saat akan membli paket (ist/ron)

MANGGAR,LASPELA— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) bekerjasama dengan Perum Bulog Tanjungpandan menyalurkan 6.000 paket sembako murah pada pelaksanaan Operasi Pasar Murah menjelang hari raya Idul fitri 1427 H (Hijiriah), Selasa (21/062016).

Pelaksanaan Operasi Pasar Murah Perdana dilaksanakan di Halaman Depan Kantor Camat Manggar. Paket sembako berisikan 5 kg beras, 2 kg gula pasir, dan 2 liter minyak goreng. Paket tersebut dipasarkan dengan harga Rp 95.000 per paket.

Paket ini nantinya akan disebarkan ke kecamatan lain dengan rincian, Manggar 2.250 paket, Damar 525 paket, Kelapa Kampit 1.225 paket, Gantung 1.000 paket, Simpang Renggiang 300 paket, Gantung 1.000 paket, Simpang Pesak 400 paket dan Dendang 300 paket.

Ratusan masyarakat Manggar khususnya warga yang kurang mampu tampak antusias menyambut pelaksanaan Operasi Pasar. Dengan membawa KTP dan Kartu Penduduk, mereka sudah datang sejak pagi untuk dapat mengambil jatah sembako.

Bupati Beltim, Yuslih Ihza menjelaskan Operasi Pasar merupakan kegiatan rutin pemerintah daerah sebagai tindakan antisipasi kenaikan harga, khususnya menjelang hari raya. Pemkab Beltim melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), akan terus memantau harga-harga kebutuhan khususnya pangan.

“Kita berharap dengan adanya operasi pasar ini sedikit dapat membantu meringankan beban biaya belanja yang harus dikeluarkan oleh masyarakat dengan harga normal seperti biasa. Manfaatkan kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan Ramdahan dan Idul Fitri, teliti sebelum membeli dan jangan boros dalam berbelanja,” kata Yuslih.

Mengingat kegiatan ini sangat penting, Yuslih akan mengusahakan tahun depan Pemerintah Daerah menyiapkan anggaran khusus untuk operasi pasar. Bukan hanya pada saat Ramadhan dan Idul Fitri namun juga saat hari raya lainnya. Ia juga akan meminta pihak swasta untuk turut berperan.

“Nanti kita usahakan, kegiatanini kan penting dan soal penganggaran juga sangat memungkinkan. Kita akan bicarakan dengan DPRD. Kita juga akan meminta perusahaan-perusahaan yang ada di Beltim untuk terut berpartisipasi,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini semua Pimpinan Daerah, yakni Bupati Beltim Yuslih, Ketua DPRD Beltim, Tom Haryono Harun, Kajari Manggar Wadigdo, Kapolres Beltim AKPB. Nono Wardoyo, Kepala Perum Bulog Tanjungpandan, Forkominda Kabupaten Beltim, pimpinan SKPD terkait serta camat dan Kades se-Kecamatan Manggar.

Warga Desa Lalang Kecamatan Manggar, Yuniarsih (50) mengaku merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini. Ia berharap setelah ini Pemkab Beltim akan turut menyalurkan daging sapi murah.

“Alhamdulillah kita terbantu. Ini saya beli dua untuk saudara saya. Kalau bisa daging sapi murah sebelum lebaran,” ungkap Yuni.

Meski begitu, Ia menyatakan agak sedikit terbebani dengan harganya paket. Jika tahun depan ada operasi pasar, Ia meminta Pemerintah memberikan subsidi bagi paket sembako, sehingga tidak terlalu memberatkan warga.

“Ini agak sama dengan harganya dengan yang di pasar. Kalau dapat tahun depan diberikan potongan biar lebih murah, yah dikisaran Rp 75.000 lah per paket,” ujarnya. (Rel/ron)

 

 

 

About Yani Basaroni Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: