Home / NEWS / Tips Hilangkan Komedo
Ilustrasi

Tips Hilangkan Komedo

LASPELA– Bicara soal perawatan wajah, cara alami selalu lebih baik dibandingkan cara modern. Meski perawatan modern menawarkan efek yang lebih cepat dan lebih bagus, efek sampingnya tentu tak bisa dihindari. Belum lagi efek bahan kimia yang digunakan dalam proses perawatan tersebut. Bisa-bisa, bukannya cantik yang didapat malah rasa penyesalan karena bahan kimia merusak wajah.

Salah satu perawatan wajah yang bisa dilakukan dengan cara alami adalah membersihkan komedo. Komedo yang muncul pada bagian wajah tertentu dapat mengganggu penampilan Anda. Komedo muncul karena kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan minyak berlebih, yang tercampur dengan sel kulit mati dan debu dari luar, sehingga warnanya menjadi hitam.

Berikut adalah beberapa tips menghilangkan komedo di sekitar bibir dengan mudah dan murah, seperti dilansir Boldsky.

1. Kompres air hangat
Kompreslah komedo dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali sehari agar produksi minyak semakin berkurang sehingga tak menyebabkan komedo.

2. Sari lemon
Potonglah lemon dengan tipis dan gosokkan pada bagian bawah bibir. Anda juga bisa menambahkan gula untuk mengelupas kulit mati. Lakukan seminggu sekali untuk hasil maksimal.

3. Tomat
Selain lemon, tomat pun berkhasiat menghilangkan komedo. Buah ini berperan dalam hal pengelupasan kulit agar komedo lebih mudah terangkat.

4. Toner non-alkohol
Setelah pengelupasan, pori-pori kulit akan membesar. Gunakan toner untuk mengembalikannya ke ukuran semula. Rebusan daun nimba (pokok mambu) salah satu jenis toner buatan sendiri yang bisa Anda gunakan.

5. Pala dan susu
Pala mampu menghilangkan minyak dari kulit sehingga mencegah munculnya komedo. Sementara susu mampu memecah sel kulit lama dan membersihkannya. Anda juga dapat menggunakan mentega susu untuk hasil terbaik.

6. Putih telur
Kocok putih telur hingga berbusa, kemudian oleskan pada bagian bawah bibir hingga kering. Ulangi hingga dua kali, rasakan tekanan pada kulit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

7. Tanah liat dan cuka
Campurkan kedua bahan ini dan aplikasikan pada komedo. Tunggu hingga kering, kemudian bersihkan.

Sumber: Metrotvnews  

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: