Home / BANGKA BELITUNG / Aan: Tentukan Pembangunan Daerah, Musrenbang Itu Penting 
Musrembang Pemkab Beltim

Aan: Tentukan Pembangunan Daerah, Musrenbang Itu Penting 

MANGGAR, LASPELA—Dianggap penting dan bernilai strategis terhadap keberlangsungan pembangunan 5 (lima) tahun kedepan, Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin optimalkan kegiatan Musrenbang penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Beltim.

“Musrenbang ini merupakan momen yang sangat penting dan strategis dalam upaya menyusun prioritas pembangunan tahun 2016-2021 karena merupakan bahan penyempurnaan  Rancangan Awal RPJMD serta menjadi acuan dalam penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas dan Plafon  APBD sementara (PPAS), dan selanjutnya menjadi dasar penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Beltim,” ungkap Burhanudin saat membuka kegiatan Musrenbang dalam rangka penyusunan RPJMD Kabupaten Beltim Tahun 2016-2021 yang berlangsung di Auditorium Zahari MZ, Selasa (01/06/2016).

Perlu diketahui, Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama 5 (lima) tahun yang berisi penjabaran dari visi, misi dan program Kepala Daerah dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah serta memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional.

“Musrenbang ini penting dilakukan,”katanya.

RPJMD juga menekankan tentang pentingnya menterjemahkan visi, misi dan agenda Kepala Daerah terpilih dalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolak ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah untuk 5 (lima) tahun ke depan.

“Makannya momentum ini harus kita optimalkan, sehingga pembangunan lima tahun kedepan terealisasi sesuai harapan,”ungkap Aan sapaan akrab Burhanudin.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Yeni Srihartati mengungkapkan perihal yang sama.

“Ini adalah proses yang akan menentukan, mengarahkan apa yang akan kita capai 5 (lima) tahun berikutnya. Visi menuju Beltim yang maju dan unggul berdasarkan sumberdaya lokal. Maju dan unggul seperti apa dan sumber daya lokal apa yang akan kita prioritaskan untuk menjadi database Beltim lebih maju dan unggul. Ada 3 (tiga) pilar  dalam misi kita. Pertama ingin mencapai pemerintahan yang baik sesuai dengan prinsip – prinsip good governance, kedua pelayanan publik dengan kualitas infrastruktur yang lebih baik, ketiga menciptakan deversifikasi atau keanekaragaman lapangan pekerjaan untuk meningkatkan income dan mengentaskan kemiskinan,” ujar Yeni.

Dalam musrenbang tersebut,  dihadiri   pula Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekda Beltim Talafuddin, Ketua Komisi I DPRD Koko Haryanto, Forkominda, Kepala SKPD, Camat, Kades, pimpinan perbankan, perusahaan mitra dan para tamu undangan lainnya. (Rel/ron)

 

About Yani Basaroni Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: