Home / BANGKA BELITUNG / Desa Bikang Juara Lomba Desa se- Babel

Desa Bikang Juara Lomba Desa se- Babel

TOBOALI, LASPELA– Terpilihnya Desa Bikang Kec.Toboali Kab. Bangka Selatan dalam kegiatan lomba Desa/Kelurahan Tingkat Propinsi Kepulauan Babel tahun 2016, harus menjadi perhatian desa-desa lain di Kab. Bangka Selatan.

Plt. Sekda Pemkab Basel, Suwandi, mengatakan terpilihnya desa Bikang sebagai wakil dalam lomba desa/kelurahan tingkat Prop. Babel, telah melewati proses seleksi di tingkat Kabupaten dengan berbagai kriteria penilaian antara lain bidang kesehatan, pendidikan, ketertiban, keamanan dan partisipasi masyarakat Desa.

“Terpilihnya desa Bikang sebagai wakil Bangka Selatan dalam lomba desa/kelurahan tingkat Babel telah melalui proses seleksi, dan berhasil menyisihkan 49 Desa dari 50 Desa di Basel. Dengan nilai rata-rata hampir 90, capaian tersebut dinilai layak menjadi perhatian bagi desa-desa lainnya”. kata Suwandi dalam sambutannya pada acara penilaian lomba desa/kelurahan tingkat Prop. Kep Babel di desa Bikang, Senin (23/05/2016).

Suwandi berharap Desa Bikang bisa mewakili Prop. Babel pada lomba desa/kelurahan tingkat Nasional sehingga nantinya bisa membanggakan Kab. Bangka Selatan Khususnya dan Prop. Babel umumnya.

Dana Desa untuk Kesejahteraan Rakyat

Sementara itu, Kepala BPMPD Prop. Kep. Babel yang juga Ketua Tim lomba Desa/Kelurahan tingkat Prop. Kep. Babel, Syaifuddin, SH berjanji melakukan penilaian secara profesional agar Desa/Kelurahan yang mewakili Babel di tingkat nasional benar-benar layak. Ia juga berharap agar pembangunan Desa melalui dana desa, segera dilaksanakan supaya pembangunan infrastruktur pelayananan sosial masyarakat dan Pengembangan usaha ekonomi desa dapat segera dinikmati masyarakat.

“Sekarang sudah ada Pendamping Lokal Desa, Pendamping Desa di Kecamatan, Tenaga Ahli yang akan membimbing dalam menyusun RPJMDes dan APBDes, jadi tidak ada lagi alasan tidak dicairkan dan dilaksanakan. Prop. Babel juga sudah memberikan pelatihan, jadi tahap pertama harus segera dicairkan agar bisa dikerjakan,” tegas Syaifuddin,SH.

Dia lantas berharap agar dana desa dapat dikelola secara transparan dan akuntabel agar tidak menimbulkan kecurigaan bagi masyarakat. “Laporkan pada papan pengumuman dan cantumkan pendapatan dan pengeluarannya agar masyarakat tahu, itu baru transparan sehingga tidak ada lagi saling mencurigai,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut, Plt.Sekda Bagka Selatan menyerahkan buku profil Desa Bikang kepada ketua Tim Penilai lomba Desa/Kelurahan tingkat Propinsi Kepulauan Babel.(Wins)

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: