Home / BANGKA BELITUNG / Dukung Program Pariwisata, Desa Bikang Siap Kembangkan Agro Wisata Kebun Nanas
Ilustrasi

Dukung Program Pariwisata, Desa Bikang Siap Kembangkan Agro Wisata Kebun Nanas

TOBOALI, LASPELA– Desa Bikang Kecamatan Toboali merupakan satu-satunya desa di Kab. Bangka Selatan yang mewakili Basel dalam Lomba Desa Tingkat Propinsi tahun 2016. Sebelumnya Desa Bikang dinobatkan sebagai Desa Terbaik dalam lomba desa tingkat Kabupaten Bangka Selatan. Prestasi tersebut diraih Desa Bikang karena administrasi desa beserta komponen pendukungnya sangat rapi.

Terlepas dari prestasi tersebut, Desa Bikang merupakan salah satu desa di Pemkab. Bangka Selatan yang sudah turun temurun mengembangkan perkebunan nanas, sampai-sampai nanas Bikang yang tersohor dengan manisnya meskipun kulitnya masih berwarna hijau tersebut menjadi Icon Kota Toboali.

Salah satu buktinya yaitu adanya Tugu Nanas di perempatan lampu merah Tikung Toboali. Sayangnya, panen nanas yang melimpah di Desa Bikang belum dijadikan makanan olahan sebagai buah tangan dan saat ini hanya dijual dengan kondisi buah nanas segar saja.

Seiring adanya program pengembangan pariwisata yang dicanangkan Bupati Bangka Selatan, Pemdes Bikang pun siap mewujudkan program itu dengan membangunan Agro Wisata Kebun Nanas.

Menurut Kades Bikang, Pemdes Bikang menargetkan pembukaan kebun nanas secara bertahap hingga 2019 seluas 100 hektar, dan kebun tersebut akan dijadikan Agro Wisata Kebun Nanas beserta olahan buah nanas yang siap dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung dan rencananya juga akan dibangun shelter untuk wisatawan bersantai sambil menikmati buah nanas segar.

“Rencananya kami akan mengembangkan agro wisata kebun nanas dengan membuka perkebunan nanas seluas 100 ha sampai dengan 2019, serta pengolahan buah nanas menjadi makanan yang siap dijadikan oleh-oleh khas Desa Bikang dan disitu juga akan dibangun tempat berteduh bagi wisatawan sambil menikmati buah nanas segar,” jelasnya kepada Laspela Via Handphone, Selasa (17/05)lalu.

Dirinya menambahkan kebun nanas tersebut akan dikelola oleh Bumdes Desa Bikang yang baru terbentuk tahun 2016 ini. Dengan adanya dukungan BPD Desa Bikang serta masyarakat Desa Bikang, dirinya mengaku lebih percaya diri dalam mengembangkan potensi tersebut.

Dia berharap adanya dukungan dari berbagai pihak baik komponen yang ada di Desa Bikang, Pemerintah maupun para Investor untuk mengembangkan Agro Wisata Kebun Nanas tersebut sehingga Desa Bikang semakin dikenal dengan Agro Wisata Kebun Nanasnya. (Wins)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: