Home / BANGKA BELITUNG / Gubernur Babel Sebut UNBK Tidak Ribet | BANGKA BELITUNG
Foto : Yudhi Laspela

Gubernur Babel Sebut UNBK Tidak Ribet | BANGKA BELITUNG

“UNBK punya kelebihan lain yaitu tidak perlu susah-susah mengahpus apabila terjadi kesalahan dalam menjawab soal. Saya berharap anak-anak mengedepankan kejujuran, karena itulah embrio seorang pemimpin kedepan”.

(Rustam Effendi, Gubernur Babel)

PANGKALPINANG, LASPELA– Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi bersama Waikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah ditemani beberapa staf termasuk Kepala Dinas Pendidikan Propinsi dan Kota Pangkalpinang, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP di Pangkalpinang, Senin (9/5) pagi.

Sekolah pertama yang dipantau secara langsung Gubernur dan Walikota ialah SMP Negeri 1 Pangkapinang kemudian SMP Negeri 2 dilanjutkan dengan SMP Negeri 6. Ditemani Kepala Sekolah masing-masing SMP, Gubernur dan Walikota tampak bersemangat menyambangi anak-anak peserta UN yang sedang serius mengerjakan soal di komputer masing-masing.

Menurut Gubernur, UNBK merupakan ujian yang tidak ribet seperti UN sebelumnya yang masih menggunakan sistem paper best tes atau ujian dengan menggunakan soal di atas kertas. Selain itu, UNBK juga memiliki kelebihan lain yaitu tidak perlu susah-susah mengahpus apabila terjadi kesalahan dalam menjawab soal.

Meski baru pertama kali UN menggunakan sistem komputer bagi SMP, namun Gubernur yakin anak-anak SMP di Pangkalpinang sudah siap dengan UNBK. Dia pun percaya peserta UNBK SMP akan mendapatkan hasil memuaskan karena kesiapan pemerintah dalam mengahadapi UNBK ini sudah dilakukan secara matang. “Titipan saya kepada anak-anak, jaga nilai-nilai kejujuran karena nilai kejujuran merupakan embrio untuk seorang pemimpin kedepan,” ucapnya.

Gubernur menambahkan, tahun 2016 ini pelaksanaan UNBK baru dilaksnakan oleh 10 sekolah SMP di Bangka Belitung, namun target tahun 2018 nanti semua sekolah SMP sudah bisa melaksnakan UNBK secara serentak. (naf)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: