Home / BANGKA BELITUNG / Pelabuhan Toboali Butuh Lampu Penerangan | BANGKA BELITUNG

Pelabuhan Toboali Butuh Lampu Penerangan | BANGKA BELITUNG

Toboali, LASPELA – Pelabuhan Toboali merupakan salah satu pelabuhan utama tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan di Toboali Bangka Selatan (Basel). Puluhan bahkan ratusan kapal setiap harinya keluar masuk dan bersandar di pelabuhan guna melakukan bongkar muat hasil tangkapan dan peralatan tangkapan. Disamping hasil laut yang melimpah, pelabuhan Toboali juga dekat dengan perusahaan penampungan ikan sehingga nelayan tidak kesulitan dalam memasarkan hasil tangkapannya.

Namun sayangnya, fasilitas pelabuhan tempat nelayan melabuhkan kapal tersebut kurang diperhatikan, terutma tidak adanya fasilitas seperti lampu penerangan pelabuhan yang sangat dibutuhkan nelayan sehingga kondisi pelabuhan menjadi remang-remang pada malam hari dan dikwatirkan menjadi peluang bagi pelaku kejahatan untuk melakukan tindakan criminal.

Koordinator Nelayan Toboali, Wandi kepada LASPELA mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mengajukan pemasangan lampu penerangan pelabuhan Toboali ke Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan, namun sampai sekarang belum ada respon, padahal kondisi remang-remang tersebut sering digunakan untuk tempat mesum, minum-minuman keras dan sering terjadi keributan antar pemuda dan tak jarang juga ada oknum-oknum yang tidak jelas melakukan pungli ke pihak perusahaan ikan maupun nelayan sehingga nelayan merasa keamanan mereka kurang terjamin.

“Kami sudah beberapa kali mengajukan lampu penerangan ke dinas Perhubungan namun sampai sekarang belum ada respon, padahal kami sangat mengharapkan lampu penerangan tersebut demi keamanan dan kenyamanan para nelayan yang bersandar di pelabuhan Toboali”, harap Suwandi

Suwandi juga meminta adanya patroli rutin oleh pihak kepolisian terutama pada malam hari supaya  keamanan para nelayan lebih terjamin. Selain itu, anggota DPRD Bangka Selatan diharapkan dapat member dorongan kepada pemerintah, supaya kondisi pelabuhan bisa teratasi demi kesejahteraan nelayan.

Nelayan Toboali, Amir dalam hal ini juga berharap supaya pemerintah segera memasangkan lampu penerangan Pelabuhan Toboali, karena khawatir dengan kondisi pelabuhan saat ini  yang ada sekarang keamanan nelayan kurang terjamin, terlebih saat bongkar muat pada malam hari (win/naf)

 

About Yudhie Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: