Home / PARIWISATA / Wisata “Nostalgia” Bangka

Wisata “Nostalgia” Bangka

  • Semangat Haji Heri Memukau Ketum KADIN BABEL

PERJALANAN menjelajahi tanah merah dan rimbunnya pepohonan menuju Mesdjid Kayu sejauh 4 kilometer berakhir melegakan tatkala rombongan KADIN Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin oleh Ketua Umum Ir Thomas Jusman MM menyaksikan panorama Bangka tempo doeloe.Tampak Mesdjid Kayu yang artistik. Masjid kayu ini dibangun menyerupai replika dari Masjid Jamik masjid tertua di Pulau Bangka, tahun 1883. Di samping masjid terdapat replika Ka’bah untuk manasik haji.

Beberapa bangunan menyerupai homestay yang adem dan bernuansa kampoeng Bangka pada zaman dahulu. Ada pula bangunan museum mini berisikan peralatan dan kereta surong, alat transportasi warga Bangka. Ada pula barang-barang tradisional seperti seterika arang, radio transistor,sepeda onthel dan kayu bakar.“Kelekak ini sejatinya obsesi nostalgis saya. Sebagai anak Bangka saya belum puas bermain ketika itu. Usia 12 tahun saya merantau ke luar Bangka. Nah, sesudah travelling ke berbagai negara, kerinduan saya untuk menghadirkan kembali dunia masa kecil saya tumbuh. Dan jadilah kelekak ini,” kata Hermawan, owner Kelekak Mesdjid Kayu Tuatunu. Haji Heri, sapaan akrabnya terus membangun kawasan itu. “Pembangunankelekak ini tak terbatas. Saya akan terus membangun agar kelekak yang menjadi impian saya terwujud,” kata Haji Heri yang tentunya banyak memerlukan biaya.

Ketua Umum K A D I N Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ir Thomas Jusman MM yang secara khusus mengunjungi Kelekak Haji Heri ini terkagum-kagum atas “kegilaan” Haji Heri sebagai pelopor pengembang Desa Wisata.“Kelekak Haji Heri ini sangat uniqe, bernuansa desa Bangka jaman dulu. Sebuah terobosan wisata yang awalnya personal namun bisa menjadi aset wisata khususnya Bangka.

Kelekak ini bisa menjadi destinasi wisata baru bagi wisatawan lokal, nasional maupun manca negara,” kata Thomas Jusman. Sementara Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) KotaPangkalpinang, Wendo Irwanto mengatakan Kelekak Haji Heri dengan kekhasan Mesdjid Kayunya sangat tepat untuk menggelar Travel Mart.

“Kami sudah sukses menggelar Travel Mart di Kelekak Haji Heri. Dan 8 April 2016 ini kami menggelar Travel Mart lagi. Kesan mereka sangat positif dan amazing,” kata Wendo. Banyak nuansa yang disajikan Kelekak Haji Heri ini. Di tengah semangat menggairahkan wisata Negeri Serumpun Sebalai, Kelekak Haji Heri ini menjadi pilihan wisata yang khas. (laspela/ags)
Semangat Haji Heri Memukau Ketum KADIN BABEL

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: