Bangka dan Palembang Tempat Favorit Lihat Gerhana Matahari

LASPELA, Tangerang – Kepulauan Bangka Belitung dan Palembang menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang berangkat melalui Bandara Soekarno-Hatta untuk melihat gerhana matahari total pada Rabu, 9 Maret 2016.

Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Suriawan Wakan, mengatakan kenaikkan jumlah penumpang ke dua daerah itu mencapai 10 persen. “Khusus Palembang dan Bangka lonjakan hingga 10 persen,”kata Suriawan, Selasa 8 Maret 2016.

Selain dua daerah itu, Jambi, Pontianak, dan Bengkulu juga menjadi tempat tujuan wisawatan melihat gerhana matahari.

Berdasarkan data penerbangan dan jumlah penumpang di Posko Terminal I Bandara Udara Soekarno-Hatta, sebanyak 56 penerbangan membawa 6,916 penumpang ke daerah daerah yang dilewati gerhana matahari seperti Palembang, Bengkulu,Jambi, Pontianak.

Adapun penerbangan ke empat daerah itu di dominasi oleh Garuda Indonesia dengan 23 penerbangan dan Lion Air 19 penerbangan.

Suriawan mengakui jika hanya Palembang dan Bangka Belitung yang mengalami lonjakan yang signifikan di bandingkan penerbangan ke daerah lainnya. Meski terjadi lonjakan penumpang, Suriawan mengatakan, hingga Selasa sore ini, belum ada maskapai yang mengajukan penambahan penerbangan (extra flight).

Sumber : (https://nasional.tempo.co/read/news/2016/03/09/058752037/bangka-dan-palembang-tempat-favorit-lihat-gerhana-matahari)